Friyay! Gegap Gempita Storytelling Agency Kami

Minggu ini betul-betul minggu yang panjang. Begitu melelahkan, tapi juga menyenangkan. Oh ya, saya Ella, Premier Consultant di B/NDL Studios, sebuah storytelling agency di Jakarta. Tanggung jawab saya adalah menghadirkan solusi untuk relasi kami.

Storytelling Agency Jakarta | B/NDL Studios - a storytelling agency based in Jakarta | duniaella | dunia ella | blog duniaella | blog dunia ella | duniaella.com | bndlstudios.co | blog storytelling

Pernah dengar kata storytelling agency? Beda dengan advertising agency, dan juga bukan PR agency. Hmm… jadi storytelling agency itu apa? Kami ini creative service agency yang dibentuk pada 2020. Baru banget ya… meskipun sebenarnya kami sudah mengerjakan hal yang sama sejak 2012, tapi waktu itu masih di bawah bendera perusahaan yang berbeda.

Apa yang dikerjakan storytelling agency?

Kami mengerjakan semua aspek kreatif dari sebuah produk. Mulai dari konsep hingga implementasi. Tugas kami mengemas aspek kreatif itu dalam payung storytelling. Bercerita? Betul, kami percaya bahwa sebuah cerita yang disampaikan dengan benar akan memberi kekuatan pada produk atau perusahaan.

Hmmm… semoga tidak membingungkan.

Begini, ada dua jenis cerita. Cerita yang kita bagikan pada orang lain, dan cerita yang kita miliki. Jarak yang terbentang antara dua cerita tersebut adalah hal yang paling penting. Apakah yang kita bagikan betul-betul yang kita miliki? Seberapa kita jujur pada diri sendiri akan tercermin dari cerita kita. Secara bisnis, akan terjadi masalah ketika jarak antara dua cerita tersebut semakin jauh. 

Contohnya apa ya? Hmm… gini deh. Ada restoran yang mengklaim sebagai berkualitas prima. Ternyata, restoran tersebut tidak menggunakan bahan-bahan terbaik dalam masakannya. Nah, kualitas prima adalah cerita yang dibagikan, sedangkan keputusan menggunakan bahan ala kadarnya menjadi cerita yang disimpan sendiri. Bayangkan jika pelanggan mengetahui hal ini. Celaka dua belas!

Adalah tugas kami di B/NDL Studios untuk meminimalisir jarak antarcerita tersebut. Caranya macam-macam. Tiga studio kami: Learning Studio, Content Studio, dan Creative Studio punya formula masing-masing yang dibuat spesifik untuk tiap relasi.

Saya sebagai Premier Consultant menawarkan solusi dari B/NDL Studios. Sejauh ini, responnya baik. Buktinya, untuk tahun ini kami mendapat beberapa relasi baru, selain relasi lama yang reorder.

Learning Studio

Prinsip storytelling ternyata bisa diaplikasikan di semua proses bisnis. Memang untuk bisa melakukannya, perlu belajar memasukkan elemen-elemen kreatif, lalu menggabungkannya dengan empati. Hal-hal itulah yang dipelajari di Learning Studio. Menarik sekali mengetahui cara menulis yang baik untuk berkomunikasi dengan tepat. Toh, setiap hari kita menulis, kan?

Content Studio

Saat ini, teman-teman di Content Studio sedang mengerjakan beberapa majalah. Ya… kami memang membantu relasi untuk merancang konsep hingga menerbitkan media sebagai salah satu strategi komunikasi perusahaan. Media digital? Bisa. Meskipun ternyata masih banyak juga yang menyukai materi cetak.

Strategi komunikasi yang tepat memang tergantung pada audience yang akan dituju. Saat ini bahkan banyak perusahaan bergantung pada media sosial. Apa pun medianya, formula isinya harus pas. Tim konten akan menyusun formula tersebut setelah mempelajari kebutuhan relasi.

Creative Studio

Tahun 2020, kami mengerjakan media sosial manajemen sebuah institusi internasional. Apa yang kami kerjakan? Kami merencanakan konten dan mendistribusikan ke kanal-kanal media sosial. Pekerjaan ini sangat menarik sekali karena menggabungkan Content Studio dan Creative Studio sekaligus.

Mula-mula kami harus paham betul tujuan dari posting di media sosial ini. Apakah untuk meningkatkan awareness dan engagement di media sosial? Pemahaman apa yang diharapkan dimiliki khalayak yang melihatnya? Lalu, kami pelajari juga, siapa sasarannya? Audience akan menentukan gaya bahasa yang ditampilkan, lho.

Ketika dasar-dasar itu sudah lengkap informasinya, kami brainstorming lagi untuk menentukan cara kami menampilkan berita. Lalu berdasarkan data, kami petakan, kapan sebuah posting dimuat dan kanal apa saja yang sesuai.

Seru sekali! Apalagi karena media sosial pergerakannya cukup cepat. Adrenalin naik deras. Nyaris tidak ada akhir pekan. No weekend, but new challenge and new thrill were on. Exciting!

We are teammates

Selain teman-teman yang menjadi “motor” untuk Learning Studio, Content Studio, dan Creative Studio, tim B/NDL Studios dilengkapi sebuah tim solid. Di sisi kreatif, kami punya art designer jempolan. Sedangkan tim pendukung adalah production manager, project support, sales analyst, digital marketing specialist, dan finance. Kudos to the Human Resources Department yang bisa menggabungkan kami semua!

Saya ada di mana? Saya memperkuat tim konsultan yang terdiri dari Client Partner dan para konsultan: Senior Consultants, Premier Consultant, dan Xconsultants, tergantung penugasan masing-masing.    

Sebagai konsultan, saya tidak hanya bertugas memasarkan produk B/NDL Studios, namun juga terlibat dalam diskusi ketika perencanaan. Saya turut andil dalam menampilkan produk terbaik. Sebagai jembatan dari teman-teman di dalam dengan para relasi di luar, saya harus bisa mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dari relasi, agar diolah oleh teman-teman menjadi rancangan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan relasi tersebut. Menarik, kan?

From one deadline to another

Daaann… minggu ini adalah minggu deadlines. Entah kenapa, deadline bisa berbarengan hadir. Apa mereka janjian? Hahaha….

Terbayang semua orang sepanjang minggu ini sibuk semua. Meskipun work from home, tampaknya tidak ada yang bisa melakukannya sambil bersantai. Semua bekerja dengan kecepatan tinggi. Gas pol.

Saya pun ikut siaga. Karena saya harus bersiap jika teman-teman konten hendak mengirim sesuatu ke relasi. Sebaliknya juga harus segera meneruskan pesan dari relasi terkait konten atau materi pelatihan.

Beruntung hari Jumat adalah jadwal work from office. Artinya, beberapa tim akan hadir di kantor. Entah mengapa, kegiatan yang dilakukan di kantor terasa lebih menyenangkan. Energi positif yang dibawa masing-masing anggota tim seperti bisa saling ditularkan, sehingga semua bersemangat.

Tadi kami membicarakan beberapa produk. Tidak henti-henti dari pagi hingga sore… hingga tanpa terasa sudah waktunya menutup laptop. Sudah malam, waktunya pulang. Baru terasa kepala rasanya penat sekali setelah “diperas” seharian.

Saatnya pulang. Segera mandi air hangat. Istirahat. Weekend… here I come. Bye now, everyone.

2 Comments

Leave a Comment

  1. Tidak umum mengenai story telling ini dilakukan. Diperlukan kemampuan kuat dalam kreasi serta inovasi yg penuh kedalaman ketika menggali berlian tsb agar beritanya menarik pembaca. Selamat dan sukses untuk B/NDL

Tinggalkan Balasan